\ Facebook for Good | Bhakti Utama Journal

Facebook for Good

Akhir-akhir ini banyak tulisan yang beredar mengenai berbahayanya facebook terhadap kehidupan atau bahkan keimanan seseorang. Ada yang cuek, ada yang sinis, ada pula yang meneruskan informasi tersebut ke email atau milist-milist yang lain.

Saya tidak akan membahas hukum facebook secara syariah Islam, karena pada dasarnya facebook itu hanyalah sarana, seperti pisau, seperti internet itu sendiri, seperti juga komputer yang kita pakai. Tinggal kita memanfaatkannya untuk apa. Bahkan seorang Syaikh Mishary Rashid Al-Afasy (Imam Masjid Kuwait) pun mempunyai facebook fan page untuk mempublikasikan dakwahnya.

Facebook for Good. Facebook untuk sesuatu yang baik. Seperti memikirkan pisau ini akan saya manfaatkan untuk apa di hari libur saya, di waktu-waktu senggang saya ? Maka coba kita pikirkan kebaikan-kebaikan yang sebenarnya bisa di expose di facebook, melalui status, foto, catatan, link dsb  :

  1. Untuk berdagang, sah-sah saja mengembangkan jaringan marketing di facebook. Selain memberi penghasilan ke diri sendiri, juga memberi solusi bagi member facebook lain yang membutuhkan barang dagangan kita.
  2. Untuk berdakwah, ini tentu sangat baik jika bisa beramar-ma’ruf nahi munkar di facebook.
  3. Untuk mempublikasikan karya, bangsa ini butuh kreatifitas untuk maju, kreatifitas bisa diasah dengan adanya masukan-masukan dari teman2 di facebook.
  4. Untuk mengumpulkan solidaritas, misalnya untuk mengumpulkan dana bantuan bencana alam, solidaritas dunia Islam dsb.
  5. Untuk silaturahmi, berapa banyak yang sudah terpisah puluhan tahun bisa bertemu kembali di facebook.

Facebook for Bad. Saya tidak akan membuat daftarnya, bukan berarti tidak ada .. bahkan sangat banyak. Silahkan kita pikir sendiri sesuai hati masing-masing. Yang pasti jangan deh untuk Facebook for Bad. Siapkah benteng diri sebaik-baiknya 🙂

Bhakti Utama

I currently focus on maintaining some niche sites and personal blogs. I have a passion for writing about SEO, photography, astronomy, gold investment, and virtual reality. Mastering several programming languages, but most enjoy web development. I still have a dream to travel around the world :D

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *