4 Langkah Menjadi Affiliate Lazada, Antara Usaha Keras Dan Passive Income

4 Langkah Menjadi Affiliate Lazada

4 Langkah Menjadi Affiliate Lazada

Salah satu teknik mendapatkan pendapatan dari internet marketing adalah program Affiliate (Afiliasi), yaitu mempromosikan produk-produk tertentu, dan ketika terjual melalui referensi kita, maka kita akan mendapatkan komisi. Salah satu program afiliasi terkenal di dunia adalah Amazon, tetapi cukup sulit mendapatkan buyer amazon kecuali kita memiliki website dengan target luar. Disini saya akan coba jelaskan secara umum bagaimana teknik afiliasi Lazada.

Seperti kita ketahui, saat ini online shoping lagi trend, pertanyaannya kita mau jadi apa ? Jadi yang nonton aja atau jadi yang beli-beli aja atau jadi bagian yang mendapatkan keuntungan dari maraknya transaksi online tersebut ? Jika yang terakhir yang anda pilih, silahkan melanjutkan bacaannya, tetapi jika pertama dan kedua yang dipilih .. stop sampai disini saja 🙂

Langsung saja, berikut poin langkah2-nya :

  1. Pilih niche produk yang akan dipasarkan
  2. Buat website tentang produk-produk tersebut
  3. Daftar affiliate dan buat link-link referal
  4. Praktekan secara konsisten
  5. Bonus

Tidak ada senjata rahasia disini, mungkin mengecewakan.. tapi di sini yang ada hanya kerja keras dan konsisten, dimana jika roda sudah berputar … maka passive income yang akan anda dapatkan.

1. Pilih Niche Kategori Produk

Pilih satu jenis kategori produk yang ingin akan anda pasarkan. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebagai bahan pertimbangan adalah :

  • Kalau bisa adalah produk yang anda sukai atau menjadi hobi. Misal jika hobi fotografi maka pilih kategori kamera, jika hobi musik maka pilih kategori elektronik, jika hobi olahraga maka pilih produk-produk sport dll.
  • Pilih produk yang berharga di atas 1 juta rupiah, agar komisinya besar.
  • Pilih produk-produk yang populer, menjadi trend atau digemari dan memiliki reputasi/review bagus.

Setelah memilih dan yakin mampu memaintain produk-produk ini dalam waktu lama (ukurannya tahunan), maka lanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Buat Website

Ini menjadi langkah terberat. Website ini nantinya harus memiliki reputasi bagus agar dikenal oleh Google dan mendapatkan banyak trafik atau kunjungan. Dengan banyaknya kunjungan harapannya semakin besar kemungkinan orang membeli produk melalui klik dari link referal di website kita.

Bagi yang memiliki website yang sudah terkenal langkah ini lebih ringan, tinggal dipoles dan update lebih konsisten. Bagi yang belum, bisa menggunakan blog gratisan seperti wordpress.com atau blogger.com, namun alangkah lebih baiknya menggunakan domain dan hosting sendiri.

Setelah website dibuat bagaimana ? Berikut tips-tips yang harus dilakukan.

  • Posting artikel terkait kategori produk secara bertahap dan konsisten
  • Jangan copy paste, paling mudah cari artikel bahasa inggris, terjemahkan melalui google translate dan perbaiki kata-kata yang kurang pas agar enak dibaca. Kalau mampu menulis dari nol tentu lebih baik. Jangan lupa sertakan sumber referensi jika ada.
  • Optimasi SEO menggunakan plugin WordPress SEO agar artikel yang dibuat memiliki rangking yang bagus di Google
  • Buat artikel lagi, tetapi dengan research keywords yang terkait produk
  • Promosikan link artikel di group-group yang setopik
  • Buat akun social network seperti facebook fanpage, twitter, instagram dan link-kan ke website
  • Follow akun website luar yang membahas topik yang sama, agar website kita juga uptodate

Proses ini memakan waktu tahunan apabila dilakukan dengan santai, bagi yang sangat rajin dan fulltimer mungkin bisa dalam waktu beberapa bulan saja. Mau main iklan google adsense atau affiliasi langkah membuat website dan mengembangkannya ini wajib dilakukan.

3. Daftar Affiliasi Dan Promosikan Produk

Setelah memiliki digital asset berupa website yang suduh cukup matang dan memiliki traffic stabil, daftarlah ke program affiliasi lazada. Pelajari terlebih dahulu, baca semua resource tentang affiasi ini seperti cara kerja, komisi dan pembayaran, media promosi serta syarat dan ketentuan. Setelah itu langsung daftar disini.

Setelah daftar dan dikonfirmasi persetujuannya oleh pihak Lazada, login ke dashboard dilakukan di link lazada.hasoffers.com. Login dan masukkan password anda. Di dalam dasboard banyak sekali pilihan menu yang mungkin akan membuat newbie bingung. Intinya begini :

  • Pilih OFFERS untuk mendapatkan media promosi baik berupa iklan banner, data-feed berupa CSV, search produk yang diinginkan, produk widget generator dan deeplink generator.
  • Paling gampang pilih aja banner-baner yang tersedia kemudian pasang code scriptnya di website.
  • Jika ingin analisa lebih dalam, bisa download file csv data feed, olah di spreadsheet, kemudian buat artikel berdasarkan data-data itu.
  • Atau bisa search produk tertentu dan buat widget-nya dengan generator.
  • Saya pribadi memakai cara yang terakhir yaitu deeplink generator yang akan generate shortlink unik dari link halaman produk lazada yang kita inputkan (jika sudah punya login akses linknya  disini. Mengapa? Detailnya ada di bagian bonus di bawah.

Lakukan langkah di atas secara masif, sebanyak-banyaknya. Karena kita tidak pernah tahu, halaman dengan iklan yang mana yang efektif untuk website kita. Lakukan semua cara untuk menjaring pengunjung secara maksimal dan meningkatkan kemungkinan konversi.

4. Praktekkan Secara Konsisten

Tidak panjang lebar disini.. anda cukup konsisten. Konsisten dalam berusaha dan berdoa. Itu aja. Lakukan secara terus menerus. Untuk action (membuat website) sangat berat, tetapi untuk konsisten jauh-jauh lebih berat.

5. Bonus

Bonus ini khusus untuk programmer, yang bisa coding bahasa pemrograman. Atau buat yang tahu sedikit banyak tentang php. Intinya nanti bagaimana menggunakan API hassoffer yang secara otomatis akan menjalankan deeplink-generator. Tujuan akhirnya bagaimana kita membuat link-link affiliate secepat kilat tanpa perlu akses ke dashboard.

Tapi gak sekarang, lanjut besok-besok ya di artikel terpisah hehehe..

Kesimpulan

Jadi saya dapat berapa dari affiliate lazada ? Hehehe, itu gak penting, saya mah siapa atuh. Tapi kalau denger-denger dari cerita salah seorang mastah, dia bisa dapat 4 digit dolar/bulan, artinya di atas $1000 hanya dari Lazada. Padahal kalo udah jalan, itu sehari-harinya websitenya gak diapa-apain, alias passive karena traffic visitor stabil. Biasanya dia akan expansi ke produk lain, atau ke model internet marketing lain.

Semoga bermanfaat. Ada pertanyaan ? Tinggalkan komen di bawah 🙂

Bhakti Utama

I currently focus on maintaining some niche sites and personal blog. Have passion in blogging, internet marketing, photography, astronomy, gold investment and virtual reality. Mastering several programming languages, but most enjoy with web development. I have a dream to travel around the world :D

You may also like...

3 Responses

  1. makasih infonya. sy udah mjd affiliate dr lazada, tp belum optimal utk update produknya di blog

  2. Mas kip says:

    Sipp ???
    Informatif dan inspiratif bgt . . .
    Krn ditanya apa ada pertnyn mk sy mau bertanya berkaitan dengan widget genertr,app deeplink ,carousal banner ,adwords pokoknya ttg membuat banner & link ,satu saja yg mau saya tanyakan :
    1. Mengapa ketika akan membuat banner/link ,halaman yang dituju setelah mengklik mis ~create to your widget~ kok di halaman muncul peringatan dari NGINX ? Apa itu nginx dan bagemana solusinya ? Apa krn saya menggunakan Smartphone Windows ?
    Sebelumnya terima ksh untuk jawabannya n mohon maaf panjang , , ?

  3. Devy Isma says:

    Bagi cara bikin api hasoffers dong.
    bisa php sama API dikit nih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *