Plugin Google Analytics Dashboard for WP Sebagai Alternatif Jetpack Statistic dan Histats

Google Analytic di Dashboard WP

Google Analytic di Dashboard WP

Singkat saja ya, intinya kita membutuhkan fungsi statistik untuk memonitor kunjungan webute yang ringan gak makan memory, dan tentunya gratisan. Ada banyak alternatif antara lain Jetpack Stats yang merupakan plugin tambahan untuk WordPress, kedua menggunakan service histats yang cukup terkenal. Terakhir adalah menggunakan Google Analytics dengan kombinasi plugin wordpress.

Jetpack Stats

Jetpack Stats sebenarnya cukup baik, banyak fungsi-fungsi lainnya juga, tapi beberapa kali plugin ini bikin memory server habis. Website saya sampai sering terkena suspend di shared hosting karena menggunkan plugin ini.

Selain itu plugin ini cukup ribet registrasinya, kenapa ? karena kita harus memiliki akun wordpress.com untuk setiap website yang kita ingin tracking statistiknya. Jadi kalau kita punya banyak website bakal sangat merepotkan. Setelah bertahun-tahun menggunakan Jetpack, akhirnya beberapa waktu lalu di 2016 saya menghapus semua Jetpack dari website saya dan menggantinya dengan histasts.

Histasts

Yang kedua adalah menggunakan histats.com, gratisan, cukup ringan, cara bikinnya cukup mudah tinggal generate tracking code kemudian tempelin di header WordPress. Satu akun bisa banyak website yang dipantau statistiknya.

Kendalanya adalah, ketika kita analisa website kita (yang menggunakan script histats) menggunakan Google Pagespeed atau YSlow, akan terdeteksi website kita banyak melakukan hits atau redirect link ke website-website gak jelas, yang bakal menurunkan nilai website kita. Karena tidak menemukan solusi akhirnya setelah sekitar setahun menggunakan histasts, tahun ini saya hapus semua (kecuali website-website saya yang tidak membutuhkan authority dari search engine semacam google).

Google Analytics Dashboard for WP

Plugin Google Analytics for WP

Plugin Google Analytics for WP

Setelah Jetpack dan Histats saya singkirkan, saya kembali menggunakan cara ke Google Analytics. Kalau punya akun Google cukup mudah daftarnya. Mirip histats kita harus bikin sub-account untuk setiap website dan generate code untuk kemudian disisipkan di kode html WordPress bagian head.

Nah Google Analytic menurutku cukup ribet saat kita mau melihat statistik website yang ingin kita monitor, kita harus memilih website terkait dan cukup banyak melakukan klik menu-menunya. Singkatnya gak praktis.

Untuk mempermudah, tinggal install plugin Google Analytics Dashboard for WP. Caranya gampang, add new plugin, search “Google Analytics Dashboard for WP”, klik tombol install dan activate. Masuk ke General Settings plugin tersebut, lakukan proses otorisasi agar wordpress bisa berkomunikasi dengan Google Analytics, kemudian browser akan diarahkan ke satu teks token, copy dan paste di wordpress. Jika ada banyak pilihan tracking, pilih yang sesuai dengan websitenya.

Dengan begini, kita bisa memantai statistik website layaknya Jetpack yang terintegrasi dengan dashboard WP, gak pakai ribet dengan dashboard luar seperti Histasts, tetapi tetap ringan dan tentu saja gratisan.

Tutorial detail bisa lihat disini :

 

Bhakti Utama

I currently focus on maintaining some niche sites and personal blog. Have passion in blogging, internet marketing, photography, astronomy, gold investment and virtual reality. Mastering several programming languages, but most enjoy with web development. I have a dream to travel around the world :D

You may also like...

1 Response

  1. Franky honda says:

    Selamat pagi, setuju Gan, saya juga saat ini memakai Google Analytics Dashboard for WP, dahulu pernah pakai jetpack tetapi jetpack mengambil alih dasboard web saya, memory cepat penuh, repot dech, terima kasih sharenya ya Gan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *