Cara Berjualan Online Mudah Untuk Pemula

Contoh halaman Instagram @angincemara sebagai tempat berjualan online.

Contoh halaman Instagram @angincemara sebagai tempat berjualan online.

Beberapa saat lalu istri mulai berjualan mukena bali, gak nyangka ternyata cukup laris. Kami tidak menggunakan teknik canggih seperti masta-masta internet marketer hehehe. Yang penting semua syarat menjemput rezeki dipenuhi dan tekun saja. Semua hal kalau ditekuni cepat atau lambat akan menjadi sesuatu yang menghasilkan kok, entah itu dalam hal tekun dalam menuntut ilmu, dalam menciptakan sesuatu atau dalam berbisnis.

Sekali lagi tiga cara mudah ini tidak menghilangkan syarat tekun dan bukan teknik passive income. Saya coba share karena semakin banyak yang tahu semakin kreatif kita untuk mencari cara lain berbeda hehehe becanda.

1. Tentukan Produk Dan Cari Supplier

Pertama tentu saja karena judul artikel ini tentang jualan, maka harus memiliki suatu produk yang akan dijual. Kalau sudah memiliki produk maka lebih mudah, kalau belum punya ya harus ditentukan dan dicari atau dibuat. Harus fokus ya, untuk pemula harus fokus ke satu produk saja, jangan palu gada (apa loe mau guwa ada).

Kenapa fokus ? Dengan fokus ke satu produk dan konsisten dalam waktu singkat kita bisa dikenal sebagai spesialis untuk produk tertentu. Hal ini bisa memicu repeat order dan iklan gratis dari mulut ke mulut. Tentu harus disertai service pelayanan yang baik.

Susah menentukan jenis produk ? Jangan dibuat susah, sesuaikan saja produk dengan passion kita sendiri. Misal suka baca buku, ya udah jualan buku. Suka fashion ya jualan baju. Yang penting pastikan memiliki pasokan supplier yang terus menerus.

2. Foto Produk

Karena jualan online ya pembeli harus tahu bentuk barangnya secara online. Selain deskripsi yang detail harus disertai foto produknya. Kalau dari supplier sudah disertai foto produknya bisa digunakan. Tetapi kalau bisa memotret sendiri tentu lebih baik karena jadi banyak variasinya.

Salah satu faktor yang memicu order adalah foto produk yang unik, detail dan terlihat profesional. Saya menggunakan handphone untuk memfoto produk mukena bali istri saya. Tips-tipsnya begini :

  • Produk difoto dengan background yang terang putih polos, gunakan saja tembok rumah
  • Foto jangan sampai ada bayang-bayang (pencahayaan dari segala arah)
  • Tambahkan informasi produk yang simpel jelas padat + harganya
  • Gunakan aplikasi smartphone (android/iphone) seperti moldiv untuk editing misal menampilkan beberapa seri produk dalam frame yang sama

Contoh-contoh bisa dilihat di instagram.com/angincemara. Jika memungkinkan, selalu update foto produk dengan foto yang berbeda setiap hari dengan kombinasi layout yang berbeda-beda. Semakin sering kita update semakin meningkatkan kepercayaan calon pelanggan untuk melakukan order.

3. Social Media

Setelah produk ada, material marketing ada .. saatnya dipromosikan. Kita pakai cara gratisan saja melalui sosial media. Sebenarnya ada cara menggunakan website yang dioptimasi SEO agar tampil dihalaman pertama google search untuk keyword yang ditarget. Tetapi agak ribet, kita bypass dulu untuk website ini. Cukup dua sosial media yang kita gunakan. Instagram dan Facebook.

Buat akun instagram dan facebook jika belum punya. Bisa akun baru khusus dengan nama branding produk kita atau bisa pakai akun pribadi saja yang sudah memiliki banyak friend atau follower.

Instagram :

Contoh cara mencari hashtag Instagram yang paling banyak digunakan.

Contoh cara mencari hashtag Instagram yang paling banyak digunakan.

  1. Login ke aplikasi instagram di smartphone dan hubungkan dengan akun facebook
  2. Pilih foto yang sudah siap, beri efek yang tidak berlebihan, yang penting efek harus membuat foto lebih terang dan tajam serta tidak menambah bayangan.
  3. Isi setiap foto dengan informasi yang jelas dan selalu disertai kontak fast respon berupa nomor telp yang bisa sms, whatsapp dan bbM
  4.  Sebelumnya ketik nama generic produk pada bagian search hashtag (#blabla), dan ambil hashtag yang paling banyak dicari dan catat semua variannya. Misal #mukenabali #mukenabalimurah dsb. Pelajari hashtag yang setopik dan tambahkan, misalnya #fashion #style jika itu berkaitan dengan pakaian.
  5. Setelah submit otomatis akan terposting juga ke facebook.
Contoh informasi produk di Instagram yang lengkap disertai harga dan kontak fast response.

Contoh informasi produk di Instagram yang lengkap disertai harga dan kontak fast response.

Facebook :

  1. Gabung ke group yang setopik
  2. Share dan promosikan setiap posting ke group terkait dan patuhi aturan-aturannya
  3. Jangan spam dengan tag banyak orang yang tidak kita kenal
  4. Lakukan tekun dengan konsisten

Jika ada komentar di Instagram dan Facebook jawab dengan baik dan sesegera mungkin. Jika ada yang order arahkan untuk komunikasi via whatsapp/bbm atau yang lain. Cepat atau lambat, jika service baik, supply produk lancar dan dilakukan dengan konsisten produk anda akan semakin dikenal orang dan penjualan akan terus meningkat.

Bonus

Jika sudah balik modal dan omset sudah lumayan mulai take risk dengan memasang iklan. Paling mudah pasang iklan di facebook, asal punya kartu kredit, tentukan budget dan target demografi sehingga iklan akan tinggi konversinya. Pastikan tertarget dengan budget dan waktu dibatasi, misal 50ribu selama 5 hari dengan target muslimah mudah.

Itu saja kok tentang cara sederhana dan mudah berjualan online, jika ada masukan saran boleh diskusi via komentar di bawah. Oh ya kelupaan, jangan lupa berdoa meminta kepada Allah SWT agar dilancarkan rezekinya 😀 … Semoga bermanfaat.

Bhakti Utama

I currently focus on maintaining some niche sites and personal blog. Have passion in blogging, internet marketing, photography, astronomy, gold investment and virtual reality. Mastering several programming languages, but most enjoy with web development. I have a dream to travel around the world :D

You may also like...

19 Responses

  1. wifhina says:

    Terimakasih infonya gan kebetulan saya baru belajar membuat toko online..

  2. azka says:

    info yang sangat bermanfaat bagi saya yang ingin berjualan online

  3. detwope says:

    maaf mas mau tanya, untuk sosial media itu sendiri apa yang paling bagus untuk berjualan, soalnya ada yang bilang kl twitter lebih bagus dari pada facebook kl untuk berjualan online

    • Bhakti Utama says:

      tergantung komunitasnya sih. kalau punya banyak link ditwitter ya bisa juga, tetapi membangun follower ditwitter itu susahnya setengah mati loh. kalau di facebook kan minimal kita sudah punya friends yg bisa lihat produk kita. kalau ada waktu, dan bisa dua-duanya, kenapa tidak dicoba?

      tapi fokus saya ini bukan facebook aja sih, utamanya adalah instagram. nah dari instagram sebenarnya bisa link selain ke facebook bisa ke twitter juga. jadi dua2nya aja dipakai.

  4. ceriapasutri says:

    Nice blog and good point of view! 🙂

  5. asrul says:

    saya juga kepengen berbisnis internet..tapi tdk punya produk..giman donk?

    • Bhakti Utama says:

      @asrul : ya cari dulu suppliernya, bisa cari online misal di ebay.com atau aliexpress.com yg menawarkan banyak barang murah gratis ongkir. cari yg unik, jual lagi di indonesia. atau cari supplier di tokopedia, bukalapak, tanyakan bisa gak potongan harga untuk dijual lagi.

  6. Anto says:

    alhamdulillah dapat ilmu lagi buat belajar bisnis online untuk istriku.. yang mencoba bisnis dengan gunain insta dan fb.. makasih mas

  7. Permisi Numpang Promo
    Refiza Souvenir menyediakan paket undangan pernikahan cantik nan elegan,Souvenir buku aqiqah, buku 4 bulanan, paket yasin untuk souvenir acara pengajian tahlilan dan berbagai macam souvenir tasbih cantik dan elegan untuk oleh-oleh haji dan umroh. cek katalog kami di http://www.refiza.com

  8. Berkece says:

    mantab dah mas.. Nice sharing.. 🙂

    Elbaihaki | Teknogadget | KabarIbu.com

  9. makasih dah infonya.
    masuk logika,gx neko-neko.
    sukses slalu mas

  10. sippp, keren tips nya 🙂

  11. isti says:

    Makasih ilmunya.pengen usaha online tp msh ragu…bismillah

  12. memang sih tampak mudah gan, tapi dalam prakteknya sulit untuk dijalankan.. mungkin hal kepercayaan orang terhadap kita yag perlu di tingkatkan, semurah apapun harga tapi kalau kita tidak dipercaya orang mungkin akan sulit mendapatkan hasil yag baik..

  13. Buat Android says:

    semoga tipsnya bisa dilakukan dengan benar untuk yang memang serius ingin jualan online, nice sharing gan.

  1. April 30, 2015

    […] gambar via blog.bhaktiutama.com […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *