\ Melihat Alun-Alun Bandung Jaman Dulu | Bhakti Utama Journal

Melihat Alun-Alun Bandung Jaman Dulu

Siapa yang tidak mengenal kota Bandung? Kota ini menjadi destinasi bagi banyak orang untuk melanjutkan studi ke jenjang universitas. Sekaligus menjadi tujuan untuk menikmati waktu liburan, karena banyaknya tempat wisata yang tidak habis untuk dikunjungi. Salah satu spot yang banyak dituju adalah Alun-Alun Bandung, yang merupakan salah satu ruang publik yang didesain dengan baik dan khas. 

Melihat Alun-Alun Bandung Jaman Dulu 

Jika melihat tampilan Alun-Alun Bandung masa sekarang mungkin tidak akan terpikirkan tampilannya cukup jauh dari layak dijadikan ruang publik di masa dulu. Aktualnya memang demikian, Alun-Alun Bandung jaman dulu diketahui memiliki kondisi yang mengenaskan. Alih-alih tersedia fasilitas untuk duduk dan menikmati pemandangan taman kota seperti sekarang. Dulunya tempat ini dikenal kotor dan menjadi tujuan bagi tunawisma untuk mendamparkan tubuhnya. 

Area masjid di kawasan ini pun dulunya tidak kalah mengenaskan, karena tidak terawat dan banyaknya pengemis memadati area ini. Tak hanya itu, pedagang kaki lima yang berjubel membuat pemandangan sekitarnya tidak bisa dikatakan bagus. Penuh sesak, dan kondisi ini diperparah dengan banyaknya copet yang berkeliaran di sekitarnya. 

Namun, lain dulu lain pula dengan sekarang karena Alun-Alun Bandung tempo dulu sudah menjadi kenangan. Saat ini sudah berganti wajah menjadi sebuah ruang publik yang nyaman, indah, dan bahkan mempesona kalangan wisatawan untuk mampir. Masjid yang dulunya kumuh karena tidak terawat kini sudah menjadi bersih dan berdiri dengan kokoh. 

Baca Juga : Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga

Tidak akan terganggu keinginan Anda untuk beribadah di masjid karena area ini sudah bebas dari pedagang kaki lima yang berjubel. Copet pun sudah pensiun untuk praktek di lokasi ini, sehingga jauh lebih aman untuk dikunjungi bersama orang terdekat termasuk keluarga tercinta. 

Wajah baru Alun-Alun Bandung juga tampak lebih mempesona dengan banyaknya tanaman hias di sekitarnya. Aneka tanaman berbunga yang menampilkan warna-warna cerah dan aroma yang mewangi. Membuat area ini sangat tepat dijadikan tempat untuk bersantai sembari menikmati keindahan taman kota. 

Perubahan signifikan dari Alun-Alun Bandung memberi inspirasi dan teguran bagi siapa saja untuk terus berbenah menjadi lebih baik. Sehingga bisa memberikan sesuatu yang layak bagi generasi berikutnya. Termasuk tabiat baik untuk terus memperbaiki diri, dan untuk terus memberikan manfaat bagi sekitarnya.

Ditulis oleh Editorial Team Jawarakonten.com
Referensi bandungekspres.com

Bhakti Utama

I currently focus on maintaining some niche sites and personal blogs. I have a passion for writing about SEO, photography, astronomy, gold investment, and virtual reality. Mastering several programming languages, but most enjoy web development. I still have a dream to travel around the world :D

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *