Time Dilation

Time dilation adalah salah satu teori yang sudah dibuktikan oleh para ilmuwan meski dalam penelitian skala atomik. Secara ilmiah sangat susah untuk saya bayangkan, jadi saya hanya akan menulis dengan bahasa awam saja.

Time dilation adalah fenomena terjadinya selisih waktu antara dua tempat kejadian, disebabkan karena salah satu bergerak sangat cepat. Tempat yang bergerak sangat cepat akan mengalami perlambatan waktu. Ilustrasi singkat adalah dengan cerita Twin Paradox.

  1. Ada dua anak kembar A dan B dengan umur yang sama yaitu 10 tahun.
  2. A diberangkatkan ke luar galaksi dengan pesawat berkecepatan mendekati kecepatan cahaya. Sedangkan B tetap berada di bumi.
  3. 50 tahun kemudian A kembali tiba di bumi, B telah berumur 60 tahun
  4. A masih berumur 12 tahun. Mengapa ? Karena A mengalami perlambatan waktu ketika bergerak dengan kecepatan mendekati cahaya.

Jika B bisa melihat A secara langsung, maka B akan melihat A memang bergerak selama 50 tahun. Tetapi B akan melihat jarum jam yang berputar di pesawat A, bergerak lebih lambat. Dalam sudut pandang A ia hanya menghabiskan waktu di pesawat selama 2 tahun saja.

Pembuktian Ilmiah

Yang diatas adalah ilustrasi singkat yang ekstrim utk menunjukkan efek time dilation. Pembuktian yang telah dilakukan para ilmuwan adalah :

  1. Teori ini dikemukan oleh Einstein dalam Hukum Relativitas Khusus sekitar tahun 1905. Tetapi baru dibuktikan tahun 1970-an. Dua buah jam atom yg identik dengan tingkat ketelitian tinggi, satu berada dibumi dan satu dibawa dengan pesawat jet. Ketika dua jam tersebut dipertemukan lagi, terjadi selisih sekian nanodetik. Jam yang dibawa pesawat mengalami perlambatan.
  2. Partikel Muon yang mempunyai umur hidup dalam rentang waktu 1.56 microsecond, ketika jatuh kebumi dengan mendekati kecepatan cahaya, ternyata waktu hidup memanjang menjadi 7.8 microsecond.
  3. Jam yang berada di satelit yang mengorbit di bumi, harus selalu dikoreksi secara berkala karena memang terjadi perlambatan.

Semakin cepat maka semakin besar pula perbedaan waktu yang terjadi. Berikutnya semoga bisa saya tulis penjelasan yang lebih ilmiah.

Sumber referensi :

Bhakti Utama

I currently focus on maintaining some niche sites and personal blog. Have passion in blogging, internet marketing, photography, astronomy, gold investment and virtual reality. Mastering several programming languages, but most enjoy with web development. I have a dream to travel around the world :D

You may also like...

3 Responses

  1. yudi says:

    Beuh ruarr biasa mas bhak..smpe pusing saya bacanya..:)

    Jadi dalam kehidupan real manusia apa nih yang bisa di ambil hikmah nya…

  2. Bhakti Utama says:

    hikmahnya .. jangan sia-siakan waktu, karena kalau utk memperlambat waktu, intinya susah hehe 😀

  1. December 14, 2010

    […] This post was mentioned on Twitter by Bhakti Utama, Bhakti Utama. Bhakti Utama said: @lebondcute ini bond, silahkan dibaca http://bit.ly/eXHSao .. terlihat seperti fiksi, tapi ini dah terbukti loh hehe […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *