Web Hosting Murah Berkualitas Di Shehoster

20131225-231124.jpg

Kalau ngomongin web hosting murah memang banyak pilihan, tetapi hosting murah berkualitas mungkin hanya beberapa saja yang terjamin. Saya punya pengalaman di beberapa tempat dan beberapa kali merasakan hal yang tidak mengenakkan, misalkan website tidak bisa diakses hingga hitungan jam dengan frekuensi yang sering, atau paling parah data hosting hilang sama sekali. Dengan kerugian itu saya bahkan tidak mendapat kompensasi apa-apa.

Waktu itu saya tidak menggunakan website untuk kepentingan bisnis, hanya blogging biasa berupa catatan dan hasil fotografi. Seiring berjalannya waktu, saya mulai menekuni bagaimana cari uang di internet, mulai dari jualan barang hingga internet marketing. Karena untuk bisnis maka toleransi website down semakin kecil, website mati potensi keuntungan berkurang, reputasi anjlok dan pengunjung tidak mau untuk datang kembali.

Apa saja yang harus diperhatikan untuk memilih sebuah hosting yang berkualitas? Hmm tidak ada rumus pasti sih. Kadang pengalaman bisa menuntun kita sendiri. Karena siapa sih yang berani jamin hosting yang dulunya bagus, kemudian ada masalah yang tidak bisa kita perkirakan, tiba-tiba menjadi hosting yang menyebalkan. Berikut beberapa tips dari pengalaman saya pribadi dalam memilih web hosting yang terbaik.

Kebutuhan Hosting

Pertama Anda harus tahu untuk kebutuhan apa menyewa web hosting. Apakah hanya untuk sekedar membuat blog pribadi, jualan online, untuk menampilkan company profile, aplikasi berbasis web ? Hal tersebut akan menentukan irisan antara biaya dan spesifikasi yang harus dipenuhi. Jika hanya untuk kegiatan blogging pribadi tentu tidak butuh spec yang tinggi-tinggi, bahkan yang gratisan pun bisa. Tetapi blogging ada juga loh yang untuk mendapatkan profit dari iklan, untuk ini saya sarankan cari yang memiliki spesifikasi tinggi karena penampil iklan seperti google adsense akan menilai kecepatan web kita.

Artinya jika memang website yang dibuat akan keperluan usaha/bisnis dan menghasilkan uang, jangan ragu untuk memilih hosting dengan spesifikasi tinggi. Karena kecepatan web, konsistensi, uptime, secara tidak langsung akan membawa konversi pengunjung menjadi pembeli.

Fitur Web Hosting

Fitur apa yang dibutuhkan sebenarnya secara umum semua jenis web sama. Yang pertama adalah adanya fasilitas backup rutin. Server sehebat apapun tidak ada yang bisa menjamin 100% tidak akan pernah crash dan kehilangan data. Maka backup menjadi fitur penting yang harus ada. Karena seperti yang telah saya sebutkan, saya memiliki pengalaman kehilangan data, sehingga saya tekankan hal ini.

Kedua adalah uptime atau berapa persen server up, biasanya semua hosting akan mengatakan uptime 99%. Tetapi pada kenyataannya banyak yang kesulitan memenuhi SLA atau janji tersebut. Dan ketika hal itu terjadi biasanya kita bakal uring-uringan hehehe.

Yang kedua adalah berapa banyak domain yang bisa menggunakan hosting tersebut, semakin banyak tentu semakin baik. Karena suatu waktu kita butuh untuk membuat website lain, kita tidak perlu membeli paket hosting baru lagi. Fitur lainnya secara umum akan sama di semua penyedia hosting, misalnya tersedianya cpanel untuk manage website, domain management, kemudahan transfer domain dll.

Pilih Beberapa Kandidat Hosting

Setelah mengetahui kebutuhan dan fitur-fitur yang harus ada, mulailah survei mencari dengan keywords misalnya “hosting murah berkualitas”, atau “web hosting terbaik” dan sebagainya. Buat list/daftarnya dari hasil pencarian di google. Mulailah kunjungi website penyedia jasa dan pelajari fitur dan harganya. Ambil beberapa kandidat yang masuk akal baik di fitur maupun di kantong.

Kemudian bisa juga membaca testimoni di situsnya jika dirasa perlu, saya sendiri terus terang tidak pernah membaca testimoni di website official .. bukan karena tidak percaya, tetapi sepertinya terlalu mainstream hehe. Tetapi kita punya alat bantu lain untuk mendapatkan testimoni yang paling baik. Datanglah ke forum !

Lihat Review Di Forum-Forum

Review atau testimoni terbaik adalah forum online. Beberapa kali saya mendapatkan testimoni sebuah hosting yang brengsek ya dari forum. Saya mendapatkan hosting berkualitas juga dari forum. Mengapa ? Karena di forum orang akan cenderung ceplas ceplos, apa adanya, jelek ya jelek, bagus ya bagus. Forum bisa di situs web mana saja, tinggal search di google dengan tambahan kata “forum”.

Dari pembicaraan di forum akan kelihatan sebuah web hosting memiliki banyak masalah atau tidak. Ketika saya dulu pernah punya masalah, saya search di forum dan ternyata benar, pengguna lain dari hosting yang sama juga mengeluhkan hal ya sama. Website mati hingga berhari-hari, backup tidak ada, contact person tidak respon dan sebagainya. Jika kandidat tadi ada yang pernah disentil di forum maka hati-hati untuk memilihnya, lakukan juga crosscek di forum lain.

Dan Shehoster Pilihan Saya

Hehehe aduh, ketahuan promosinya. Ya saya memilih shehoster.com karena dari survei pribadi yang pernah saya lakukan ia memang salah satu penyedia jasa web hosting berkualitas dari yang pernah saya gunakan. Tidak perlu saya jelaskan fiturnya apa aja, silahkan langsung cekidot ke websitenya. Yang pasti responnya cepat ketika ada pertanyaan atau masalah, bisa lewat telepon, sms atau sistem tiket.

Harga bagi saya relatif murah dibandingkan yang lainnya, dan yang paling penting, servernya menggunakan server hostgator yang merupakan salah satu penyedia layanan hosting terbaik di dunia. Bisa saja sih langsung daftar ke hosgator, tetapi pilihan paketnya tidak banyak sehingga mungkin mubadzir atau tidak terjangkau bagi yang baru memulai membuat situs dan tentunya kita harus menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan customer servicenya.

Sempat selama hampir dua tahun ini ada sekali terjadi masalah server down satu hingga dua jam, saya pun mencecar shehoster.com yang intinya minta penjelasan. Responnya cepat dan dijelaskan cukup baik alasannya. Sebenarnya itu yang dibutuhkan customer, respon yang cepat dan kejelasan masalah. Setahun up terus kecuali beberapa jam itu masih dalam batas wajar, karena namanya mesin server ya butuh maintenance juga.

Oke cukup sekian .. ada komentar tentang atau pengalaman mengenai web hosting murah berkualitas ? Silahkan tinggalkan pesan di bawah. Akhir kata, semoga sharing pengalaman di atas dapat membantu untuk memutuskan hosting mana yang terbaik bagi Anda.

Update: Fitur Yang Ditawarkan Shehoster

Ya, server shehoster memang tidak berada di lokal, tetapi terletak di data center dengan infrastruktur dan network terbaik yang berlokasi di Houston Texas USA dan Singapore. Tetapi meski berlokasi di USA mereka menjamin website dapat diakses sangat cepat dari seluruh dunia termasuk indonesia karena status Amerika sebagai backbond internet dunia. Klaim shehoster, hosting mereka telah terbukti dengan history uptime pada tahun 2011, 2012 dan 2013 adalah 99.96% sepanjang tahun, angka ini di atas rata-rata uptime provider web hosting di Indonesia.

Beberapa fitur Standar Web Hosting di bawah yang meski sebagian ada yang provider hosting lainnya, tetapi saya membuktikan fitur ini selalu uptodate dan fresh. Misal fitur PHP yang dulunya hanya versi 5.2, ketika naik ke 5.3 dan seterusnya kita akan diinformasikan dan diberi saran untuk update juga.

  • Mudah dan fleksibel cPanel Kontrol panel
  • 99.9% Uptime Guarantee
  • Unlimited Sub Domains, FTP Accounts, and Email Accounts
  • Free Website Transfer (cpanel to cpanel)
  • Fantastico autoinstaller, memudahkan untuk install berbagai blog, CMS dll
  • Multiple Php version 5.2/5.3/5.4/5.5, kita diberi keleluasaan untuk memilihnya
  • Website Statistics: AWStats, Webalizer, Raw Log Manager, Referrer and Error Logs
  • Password Protected Directories and Custom Error Pages
  • Web Based File Manager, Hotlink Protection, IP Deny Manager, Redirect URL
  • MySQL Databases with phpMyAdmin Access, mudah simple diakses sembarang browser
  • Programming Language: CGI, Fast CGI, PHP 5, Ruby on Rails, Perl, Python, SSI
  • Programming Modules: Curl, CPAN, GD Library, ImageMagick
  • Cron Job Scheduling, perhatikan waktunya ya, karena berbeda timezone
  • POP3 Email Accounts with SMTP
  • WebMail Access: Horde, SquirrelMail, RoundCube
  • Dan berbagai fiur lain

5 Responses to “ “Web Hosting Murah Berkualitas Di Shehoster”

  1. Bhakti Utama says:

    ok sama-sama, thanks ya

  2. Hendra says:

    artikel nya sangat menarik gan, semoga menang kontes nya, posisi serp nya bagus banget blog agan..

    saya barusan coba tes keyword ” Hosting Murah Berkualitas ” >> muncul IDreg.net

    ketika saya coba keyword ” Hosting Murah Berkualitas Shehoster.com ” >> muncul blog agan
    mantap seo nya gan …

    Salam dr newbie.

    • Bhakti Utama says:

      @hendra : wah terima kasi mas Hendra, tetapi kalau saya coba sendiri masih kalah dengan beberapa blog lain hehehe. ikutan juga ? di post disini dong link blognya, biar kita saling tukaran link :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>