3 Langkah Cara Belanja Online Praktis

image
Kondisi pasar online saat ini masih tumbuh dan diperkirakan masih akan banyak ruang kosong yang bisa diisi para pemain baru. Hal ini disadari benar oleh salah satu pemain besar dibidang telekomunikasi Indonesia yaitu telkomsel yang meluncurkan situs belanja online dengan nama blanja.com. Dalam lamannya disebutkan bahwa telkomsel join venture dengan ebay.com untuk menciptakan layanan toko online ini.

Setiap situs belanja online selalu selalu tampil dengan ciri khas masing-masing ada yang khusus menjual fashion atau elektronik, ada yang palu gada (apa lu mau gua ada). Ada yang dari segi layanan kirim gratis kemana aja, diskon besar setiap hari dll. Tentu saja ini perlu dilakukan sebagai strategi untuk menciptakan keunikan dibandingkan situs belanja online yang lain, terutama bagi pemain baru. Saya tidak akan membahas detail toko online tertentu. Tetapi lebih ingin memberikan sedikit tips bagaimana cara belanja online yang praktis tapi tetap aman. Sebelumnya pernah juga saya bahas terkait panduan membeli secara online disini.

Beberapa cara membeli barang secara online menurut saya :

1. Google Search

Saya selalu mengawali pencarian terhadap barang yang ingin saya beli menggunakan google search. Googling dengan keywords tertentu untuk menentukan situs apa yang paling dikenal oleh google. Misalnya : “jual jas hujan murah” atau “jual jas hujan” saja. Google pasti akan menampilkan banyak situs, bagi sebagian orang tentu ini justru malah membingungkan.

Tapi justru ini untuk melatih kita mengenali berbagai jenis situs belanja online. Semakin lama kita akan terlatih menentukan keywords dan mendapatkan situs dengan harga termurah. Dan dengan berjalannnya waktu kita akan hapal situs-situs mana yang terpercaya.

2. Pilih Dan Baca Review

Buka beberapa situs dengan urutan teratas. Perlu dicatat bahwa urutan teratas tidak menjamin situs belanja online tersebut terpercaya. Banyak penipu bertebaran didunia online. Pertama gunakan logika kewajaran atau feeling anda untuk merasakan harga yang ditawarkan masuk akal. Jika harga yang ditawarkan sangat-sangat murah, kemungkinan besar adalah penipu atau barang yang ditawarkan palsu alias kw.

Jika harga yang ditawarkan wajar maka agak susah untuk mendeteksi. Solusinya baca review atau testimoni dari orang lain. Bisa di situs yang sama atau bisa juga dari situs lainnya. Jika ragu-ragu sebaiknya tidak usah diteruskan. Pilih situs belanja online yang lebih dikenal sebagai pemain besar, ini jauh lebih aman. Harga yang ditawarkan pun bersaing.

3. Lakukan Order Dan Pembayaran

Setelah yakin dan mantap. Lakukan order barang yang akan dibeli. Biasanya situs-situs belanja besar seperti blanja.com memiliki cara pembelian menggunakan kartu kredit yang digabung dengan fasilitas cicilan beberapa bulan. Tetapi umumnya di Indonesia masih banyak yang menggunakan cara transfer ke rekening bank penjual, dan melakukan konfirmasi.

Ada juga cara lain yang menggunakan rekber atau rekening bersama dimana pihak ketiga (biasanya penyelenggara situs belanja online) akan menampung uang pembelian sampai barang benar-benar sampai ke penjual, kemudian uang akan ditransfer ke penjual. Cara terakhir ini dirasa paling aman, meski agak ribet.

Begitulah sedikit tips cara belanja online yang aman. Semoga bermanfaat.

Bhakti Utama

I currently focus on maintaining some niche sites and personal blog. Have passion in blogging, internet marketing, photography, astronomy, gold investment and virtual reality. Mastering several programming languages, but most enjoy with web development. I have a dream to travel around the world :D

You may also like...

1 Response

  1. Cara simple bgt broo
    Gua suka gaya lo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *