Optimasi WordPress Dengan Plugin Gratis

WordPress memang salah satu sistem blog yang paling banyak digunakan, tidak saja oleh blogger tapi oleh webmaster lainnya, oleh karenannya banyak dukungan terhadap berbagai macam kustomisasi. Saya sudah install banyak kustomisasi tersebut melalui seleksi plugin-plugin terbaik. Di sini saya akan mendaftar list plugin tersebut buat teman-teman yang mungkin bingung mau install plugin apa agar blog wordpress kita lebih optimal.

Plugin-plugin ini bukan sekedar plugin, tapi ada tujuan optimasi wordpress SEO dan internet marketing didalamnya. Jadi saya tidak akan menekankan pada cara penggunaan, tapi lebih ke kegunaan utamanya bagi SEO dan internet marketing. Apakah saya sudah mendapatkan market yang bagus dengan plugin-plugin tersebut ? Tidak, eh .. belum setidaknya. Plugin ini sifatnya membantu mendapatkan market, bukan memberikan market seperti sulap. Semua plugin ini adalah jurus white-hat SEO, artinya legal dan tidak melanggar term & condition search engine pada umumnya hehehe..

1. Yoast WordPress SEO

Dulu saya memakai All In One SEO, kemudian beberapa lama menemukan Yoast WordPress SEO yang menurut saya jauh lebih bagus (keduanya sama-sama gratis). Kenapa ? Karena optimasi tidak dilakukan otomatis semuanya oleh sistem, tapi bisa kita manualkan untuk beberapa hal penting. Jujur saya termasuk yang tidak percaya dengan optimasi SEO yang serba otomatis.

Yoast WordPress SEOContoh, pada Yoast WordPress SEO, setiap posting kita diwajibkan menentukan “focus keywords” yaitu kata-kata yang akan kita jadikan andalan untuk dikenali search engine. Dan focus keyword ini akan dianalisa oleh plugin tersebut harus berada pada semua bagian antara lain di article heading, title, content, meta description dan url permalink. Jika ada satu yang tidak memiliki focus keywords maka akan ditandai dengan warna merah. Hal ini tidak ditemukan pada All In One SEO, padahal penentuan focus keywords gak mungkin dilakukan otomatis, harus melalui research kira-kira orang yang melakukan pencarian di serach engine akan menggunakan frase tersebut atau tidak.

Contoh lain, misal pada Meta Description, tidak diperbolehkan lebih dari 140 karakter. Karena meta description inilah yang akan tampil pada halaman search result. Semakin simple dan definitif, semakin memperbesar kemungkinan orang akan klik. Settingan lain yang tetap ada kok, misal setting-an pola yang akan tampil pada title, meta keywords, mana yang di follow, mana yang no-follow dsb. Lain kali akan saya coba bahas detail. Tapi bagi yang ingin belajar langsung bisa ke websitenya langsung http://yoast.com/wordpress/seo.

Tertarik ? Silahkan download WordPress SEO disini.

2. Facebook Page Publish

Facebook Page PublishPlugin ini sudah pernah saya bahas disini. Intinya dengan plugin ini setiap posting pada blog kita akan secara otomatis cross-posting ke akun Facebook yang ditentukan. Penggunaannya memang awalnya agar ribet, karena kita harus buat Facebook Application untuk mendapatkan Application Id. Tapi berikutnya akan lebih mudah, dengan Application Id yang sama, kalau kita memiliki beberapa blog dan beberapa Facebook Page, kita bisa link-kan dengan memilih dari daftar yang ditampilkan.

Sebenarnya banyak plugin yang sejenis yang sudah saya coba, tapi saya memilih plugin ini karena paling rapi dalam menampilkan link posting kita di Facebook, lengkap dengan gambar tumbnail, description dari excerpt, kategori, author dll, bisa kita custom sesuai keinginan.

Berikut link download dari Facebook Page Publish.

3. WP To Twitter

WP To TwitterPlugin ini hampir sama dengan sebelumnya, bedanya cross-posting akan dilakukan ke akun twitter. Banyak opsi yang bisa di-setting, misal format dari tweet yang akan ditampilkan ke twitter, bisa memilih hanya kategori tertentu saja yang auto-post ke twitter, bisa juga memilih servis dari url shortener yang disukai dll. Plugin ini memerlukan consumer key, access token dan secret-nya masing-masing, yang hanya bisa di-generate dari sebuah Twitter Application. Jadi anda sekali lagi, harus membuatnya manual.

Plugin ini juga yang terbaik menurut saya, stabil dan opsi-nya banyak. Tertarik, silahkan download WP To Twitter disini.

4. Yet Another Relateds Post

Plugin ini berfungsi untuk menampilkan secara otomatis posting-posting artikel terdahulu yang memiliki relasi pada artikel yang sedang dibaca oleh pengunjung. Biasanya ditampikan di bagian bawah dari sebuah posting. Kita bisa customize tampilan stlye dari related-post, juga berapa banyak yang tampil, bahkan ada opsi untuk menampilan di rss feed.

Kalau melihat sekilas sih algoritmanya cukup rumit, ia akan membaca bobot relasi dari suatu artikel terhadap artikel lainnya. Saya tidak tahu detail algoritmanya, tapi sepertinya dia menghitung bobot tersebut dari tags, category, desnsitas keywords. Tapi kayaknya kita gak perlu tahu, yang penting artikel yang berelasi ditampilkan dengan benar.

Langsung saja gan download Yet Another Relateds Post disini.

5. AddThis Social Bookmarking

Banyak plugin untuk menambahkan tombol-tombol yang mempermudah social sharing dan social bookmarking di website kita, tapi tidak ada yang selengkap AddThiss. Pertama dia menyediakan tombol hampir seluruh social network, meski sebenarnya yang saya butuhkan umumnya hanya dua atau tiga: Facebook, Twitter dan Google Plus. Kedua AddThis tidak hanya menyediakan tombol-tombol untuk social sharing, tetapi juga terintegrasi dengan feature statistic dan analytic-nya dengan syarat melakukan registrasi terlebih dahulu, semuanya gratis kok. Dan Ketiga, tombol-tombolnya simple dan rapi bisa kita customize layout dan posisinya seperti yang kita inginkan. Jika ingin tahu lebih banyak tentang AddThis kunjungi situs resminya AddThis.com.

Pingin langsung, cekidot disini untuk download AddThis.

6. Broken Image

Yang terakhir ini penting gak penting. Pertama saya jelaskan fungsinya terlebih dahulu. Dengan plugin ini, jika ada gambar yang tidak tampil di blog atau situs wordpress kita, maka akan diganti secara otomatis dengan gambar default yang kita tentukan pada bagian setting. Hal ini bertujuan untuk “meredam” perasaan tidak enak saat pengunjung menemukan situs kita penuh dengan gambar silang, karena url-nya salah, atau sumber yang dituju dari url gambar sudah tidak tersedia.

Kita tidak pernah tahu, kapan url gambar yang ada di website kita akan hilan kan ? Dengan plugin ini setidaknya ada gambar pengganti, misal logo website kita, atau gambar permintaan maaf karena ada gambar yang sudah tidak tersedia.

Silahkan download Broken Image disini.

Demikian sedikit tentang optimasi wordpress dengan plugin-plugin gratis. Bingung ? Ada yang gak setuju dengan seleksi dari saya ? Silahkan tinggalkan komentar di bawah. Thanks dan semoga bermanfaat.

 

21 Responses to “ “Optimasi WordPress Dengan Plugin Gratis”

  1. pulau tidung says:

    terima kasih atas petunjuknya mas bhakti,..

  2. Dear blog.bhaktiutama.com

    Selamat Siang,

    Kami dari Humas Merdeka.com bermaksud menawarkan content yang sesuai dengan tipikal blog Anda yang bisa digunakan secara gratis. Content ini sangat mudah aplikasinya dan sangat membantu Anda dalam Reblogging.
    Jika Anda berminat, silahkan kunjungi http://content.merdeka.com/ dan dapatkan contentnya.

    Terima kasih atensinya, kami menunggu kabar baik dari Anda.

    Salam,

    Humas Merdeka.com
    Selvie Chummairoch

  3. densava says:

    Bos,mau tanya, kalo setting “yoast:sosial” ada tutorialnya gx? Kl ada tolong dishare donx… thanks…

  4. naraka says:

    makasih mas atas info dan tutornya… boleh liat web saya ? menurut mas gimana ….

  5. krismaulana says:

    terimakasih pak …sangat bermanfaat dan segera saya praktekan

  6. terima kasih mas ternyata selama ini saya tidak memperhatikan dengan baik focus keyword dan meta descripsion makanya web saya timbul tenggelam….

  7. Blog saya masih belum bisa optimal.. apa mungkin karena terlalu banyak plugin? mohon solusinya!

  8. thanks mas,, moga berhasil q coba, n lam kenal

  9. tukar link y gan
    makasih

  10. Sigma Trophy says:

    Makasih banget mastah,,saya sedang belajar WP ini tolong dibantu jika menemukan kesulitan

  11. wah bagus ni mulai membuat ah coba praktekin langsung oh ya ada sedikit info nidi sekitar jakarta pusat tepatnya di Tanah abang ada penertiban parkiran motor liar dan mobil bagi sobat 2 hati yang mau kesana jangan parkir sembarangan bisa di angkut motor nya or di segel mobilnya

  12. Beberapa kali saya download plugin gratis hasilnya kurang maksimal, sekarang saya coba yang ini lumayan. Thanks for sharing.

  13. Apakah plugin ini sudah teruji keamanan nya?

  14. signage says:

    wordpress itu sangat bagus sekali dalam pembuatan website dan mengoptimalkannya banyak plugin bagus-bagus tetapi tetap fress

  15. salam…
    mohon rekomendasi plugin untuk optimasi gambar atau foto yang kita upload
    saya sangat mengapresiasi sekali bila dapat berbagi sarannya
    kebetulan plugin Yoast WordPress SEO sudah saya gunakan di blog jual baju muslimah modern kami

    terimakasi sudah berbagi, semoga menjadi catatan amal ibadah
    aamiin

  16. obatasamurat says:

    iya saya pake itu juga tapi agak lama ya,,

  17. nice info gan.. selama ini saya pakai all in seo. pengen cobain pake yoast..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>