Mudah Dan Murah Memasang Hotspot Di Rumah

Berusaha merutinkan lagi menulis blog. Mengurus banyak website memang seharusnya tidak menggugurkan semangat untuk menulis blog pribadi. Mulai dari yang simple, mulai dari yang kita lakukan, mulai sekarang juga hehe. Kali ini saya ingin membagi apa yang saya kerjakan di rumah beberapa waktu lalu, yaitu memasang hotspot di rumah untuk keluarga.

Paling tidak ada yang bisa kita hemat ketika menggunakan Wi-Fi dirumah, yaitu beli pulsa data internet jadi berkurang karena semua device menggunakan satu koneksi internet yang sama. Terutama bagi istri yang di rumah dan device kita sendiri saat bekerja di rumah, juga anak-anak jika sudah bisa main internet. Jika sebelumnya setiap device kita harus membeli pulsa data internet, sekarang cukup satu saja yaitu di modem yang terpasang di Wi-Fi router.

Wi-Fi Router TP-Link TL-MR3020Saya menggunakan Wi-Fi router merk TP-Link TL-MR3020 .. karena, ya tentu saja karena murah. Tidak sampai 190 ribu rupiah saya keluarkan untuk membelinya dengan spesifikasi yang lebih dari cukup untuk rumahan. Anda bisa membelinya di toko-toko online seperti Bhineka, Lazada dll. Selain murah bentuknya yang mungil membuat saya terpikat, tanpa antena yang menonjol, simple, minimalis. Artinya ketika berpergian ke kampung, saya bisa membuka warung Wi-Fi gratis buat saudara-saudara tanpa ribet, cukup colok power, colok modem, langsung browsing.

 

Cara memasang Wi-Fi router TP-Link TL-MR3020

  1. Siapkan Wi-Fi router dan kabel powernya.
  2. Siapkan modem dengan sim card data internet terpasang (asumsi sudah punya)
  3. Colokkan kabel power USB ke Wi-Fi router, masukkan kabel power ke stop-kontak
  4. Pasang USB modem ke Wi-Fi router
  5. Pada bagian Wi-Fi router ada label KEY, catat nomor KEY tersebut. Pada device yang ingin terkoneksi, nyalakan Wi-Fi, pilih dan masukkan nomor KEY (ini hanya dilakukan sekali saja, selanjutkan akan otomatis).
  6. Test browsing misal ke http://rumorkamera.com
  7. Untuk setting gunakan browser, buka alamat IP default yang tertera pada Wi-Fi router (192.168.0.254). Masukkan default user dan password yang juga tertera pada Wi-Fi router (admin/admin). Pada bagian ini anda bisa melakukan banyak setting misal mengubah IP, mengubah KEY, restart dll.
Skema Wi-Fi Router TL-MR3020

 

Review TP-Link TL-MR3020

Saya sudah menggunakan beberapa minggu ini. Cukup puas dengan beberapa catatan. Menggunakan modem yang lama (Huwawei E220), sering putus (unplugged) setiap beberapa jam. Untuk penggunaan internet heavy-duty tentu ini sangat mengganggu. Tapi untuk browsing-browsing saja sebenarnya tidak begitu berpengaruh.

Jika modem sudah unplugged dan tidak bisa up lagi, maka harus restart Wi-Fi Router, bisa dilakukan melalui setting di browser (langkah 7). Proses restart berlangsung sekitar 3-5 menit, setelah itu baik sinyal Wi-Fi maupun koneksi internet bisa segera langsung digunakan. Kecepatan jaringan tidak ada keluhan karena 150Mbps terasa seperti seperti melewati jalan tol menggunakan becak (hehe). Jangkauan cukup luas dan sinyal kuat, tidak begitu terpengaruh oleh tembok-tembok kamar, sebaiknya posisikan dibagian tengah rumah dan agak tinggi.

Semoga bermanfaat review dan tutorial singkat memasang hotspot di rumah ini, jika ada yang perlu didiskusikan, jangan segan untuk komentar di bawah.

Update: Upgrade Modem, Coba Di Perjalanan

Wi-Fi Router TP-Link TL-MR3020 Di Dalam Mobil

Wi-Fi Router TP-Link TL-MR3020 Di Dalam Mobil

Karena banyak yang tertarik dengan artikel ini saya akan update beberapa informasi tambahan. Setelah saya upgrade modem dengan memakai Huwawei yang lebih baru, koneksi tidak lagi sering putus dan lebih stabil.

Liburan akhir tahun kemarin saya mencoba untuk membawa Wi-fi router yang mungil ini jalan-jalan. Rute Cikarang – Bandung – Cilacap. Sepanjang perjalanan, karena saya membutuhkan koneksi tablet yang cuma Wi-Fi Only (gak bisa koneksi internet), maka sepanjang jalan saya coba colokkan Wi-Fi tersebut ke USB charger mobil, eh ternyata bisa nyala. Beberapa detik kemudian langsung tablet saya bisa konek internet hehehe. Istri yang selama ini tidak langganan paket data pun bisa surfing dengan menyenangkan. Jadi yang punya hotspot gak lagi bus-bus mewah, mobil kita sendiri meski jadul pun bisa!.

Kemudian saat di rumah mertua di Cilacap, Wi-Fi pun saya pasang dengan mudah, colok dan internet bisa digunakan. Saudara-saudara yang punya smartphone pun saya suruh konek ke Wi-Fi aja biar irit.  Praktis sekali. Keputusan saya sejak awal untuk menggunakan Wi-Fi router mungil ini tidak salah. Sangat mobile, praktis dan bisa sharing dengan saudara.

Bagi yang tertarik, saya dulu belinya di Bhineka, dan saat ini per 12 Januari 2014 ada diskon tuh, dari 316rb jadi 199rb. Cekidot –> TP-LINK 3G Wireless-N Router [TL-MR3020] Ada Potongan Rp 199,000

123 Responses to “ “Mudah Dan Murah Memasang Hotspot Di Rumah”

  1. eko single says:

    gan, kalo pake tp link gk pake modem bisa gk?

  2. budi says:

    MAS? pengen nanya nih? lok modemnya itu dicolokin di komputer, trus router tp link-nya ntar disambungin lewat LAN komputer gimana? Masalahnya saya Akses internetnya pake SSH. jadi saya bisa internet kalo disetting dikomputer. bisakah mas?

  3. Riyanti says:

    om? saya kan internet pakai SSH, gimana lok Aliran internetnya itu dari komputer? jadi routernya itu dapet akses internet dari komputer(tidak langsung dari modem)? masalhnya saya pengen punya hotspot sendiri . mkasih

  4. Excellent article! We are linking to this particularly
    great post on our site. Keep up the good writing.

  5. Bastian says:

    Om saya mau tanya. Kira2 tau gak wifi yang udah include modem. jd biar jadi satu gak harus beli 2 barang (1 wifi dan 1 modem). biar ringkas gitu… klo tau replay ya om? thanks be4

  6. sukarius v says:

    Bang mw nanya kalo dikampung ku ga ada signal sama sekali harus pergi ke gunung yang ada signal’x baru bisa telpon ,,ada gak wifi yang bisa digunakan tanpa signal operator…..

  7. Ibnu Khuldun says:

    wah makasih gan infonya,tapi saya udah masang wifi speedy
    tarifnya 100/bln unlimited kecepatan up to 500 kbps
    kalau mau baca artikel menarik coba kunjungi
    http://www.silent-17.blogspot.com

  8. armyta says:

    Mas,kalo bwt diri sndri aja bisa ga yaa,,? jadi, yg lain dihalangin gt kyk pske password atau apa gt..?

  9. yanuar says:

    kelemahan diruter ini kyknya gak support POE ya gan?jadi repot sih kalo misal mau di pasang di outdoor seperti di tower guna dpt sinyal yang lebih baik.itupun kalo maksa jg kudu narik kabel listrik 220v ampek atas.

  10. mang oded says:

    sy tnya itu Toko Bhineka dmn gan kalo di Bandung..
    tnxs…

  11. vannezt says:

    sinyal di desaq sangat jelek
    Apakah brpengaruh untk sinyal vifi??
    please balez coz penting….
    Thankz!

  12. Ipeh says:

    Aku pake paket data internet di rumah, terus dijadiin hotspot buat 2 kakak aku. Sekarang udah gak perlu router yang colok gitu gan, pake hp udah bisa :D

  13. Cahyo says:

    Gak apakah kalau mau memasang Sinyal Wi’fi Harus punya telepon rumah ? ( bukan HP )
    tolong kasih penjelasan !

    • Bhakti Utama says:

      gak harus. pasang hotspot Wi-Fi di atas gak harus punya telepon rumah, cukup perangkat modem + wifi router saja. bahkan pasang Telkom Speedy Wi-Fi juga gak harus punya telepon rumah.

  14. Zeno candragufa says:

    Asslm wr.wb

    sob,klo gtu pa data paket(kuota) kartu’a ngurang ya?

  15. Gan!!!, boleh nayna gak …? biasanya kalo pasang Hotspot di rumah habis brapa ???
    1 lagi gan, apakah kalo mau pasang hotspot harus punya telepon rumah ( Bukan HP ) / tidak ?? tolong di jawab gan :)

    Nb : Saya Masih Newbie :/

    • Bhakti Utama says:

      tergantung, kalau mau pakai speedy, sekitar 150ribu pasang dan 110rb biaya bulanan. perangkat Wi-Fi dipinjamin telkom. Kalau mau bikin sendiri sekitar 400rb utk beli Wi-Fi dan Modem (paling murah).

  16. Wah keren mas…

    Gimana kalo dikawinin dengan Android Mini PC yang dicolokin ke TV lcd/led layar lebar? Makin yahud lagi mungkin ya mas….?

    Seperti ini android mini pc-nya:

    http://tabletjogja.co.id/harga/jual-android-4-0-mini-pc-media-player-mk802-black/

    Ditunggu lo review perkawinannya. :)

    Salam dari pulau Bengkalis.

  17. puji leksana says:

    untuk ente2 nyang pake ssh,kalo pingin dishare jdi spothot,instal dulu openvpn (ssh hrus supprot pepen).baru dweh,instal conectify hotspot,pilih share tun tap windows.

  18. ansor says:

    gan,apakah router tersebut bisa hemat kuoata ,nggak kira-kira ?

  19. evdo says:

    Kalo pake modem esia bisa ga ya?

  20. edy lelono says:

    Om, sy ingin pasang hotspot, sy ingin pemakai hanya bisa browsing aja ( gk bs download )…tlg merk apa yg hrs sy beli…mksh atas bantuannya…

  21. freddy says:

    Gan modem E220 kan sering putus tuh setiap pemakain 1 jam. supaya tidak putus agan pakai modem huawei type apa . Saya pke huawei E173 gan . Mohon pencerahanya

  22. Albert says:

    Misi numpang nanya cara pasang speedy sendiri gimana ya soalnya saya tanyain ke telkom nya wajib menggunakan telepon rumah

  23. gaemgyu says:

    Gan, kalau udah 1 bulan itu harus isi ulang modem nya atau gimana? tergantung pemakaian atau bukan?

  24. rizal Faimin says:

    Ass..
    dikampung sy bulum masuk Layanan Telkom (Maksudx Layanan Tlpn Rumah) yg ada cuma Telkomsel itupun blm support 3G.
    APA BISA PASANG Wifi Router ini pake Kartu Telkomsl tadi?
    Untk Aktivasi paketnya sama Aktivasi Paket data tlkomsel sprti biasanya dan Speednya sampa brapa tuh?
    Thanks

  25. rizal says:

    Trua buat dikmapung yg blm masuk Layanan Tlpn Rumah dari tlkom gmna?
    Soalx cuma Telkomsel aja itu. Mang bisa yah.
    Maaf Baru maslah bgini..

  26. Anwar says:

    Di daerah sy modem yg dipasang di laptop sinyalnya kurang bagus, Kalo dipasang wifi kira2 dijamin bagus ngga mas ? Trimakasih

  27. angga says:

    klo modemnya pakek zte bisa lancar g bro?

  28. Desi Ajeng Pratiwi says:

    Mau tanya dong…. Lebih hemat pake wifi atau paket internet/kuota…??????????mksihh

  29. Anwar says:

    Alamatnya dimana ? Sy mau beli/ pasang gmn ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>