\ Antara Kita dan Mereka Di Idul Fitri | Bhakti Utama Journal

Antara Kita dan Mereka Di Idul Fitri

sadarkah kita, saat ini ada jutaan muslim yang sedang termenung disamping puing-puing rumahnya. sementara anak-anaknya melantunkan doa di masjid-masjid tanpa atap tanpa alas kaki. mereka tidak mempunyai cukup cahaya ketika matahari tidak bisa lebih lama menemani, mereka juga tidak mempunyai cukup air ketika dahaga tidak bisa lebih lama lagi dibohongi.

teringat sebuah puisi :

bila kita berbuka puasa dengan manisnya kolak dan kurma, mereka berbuka puasa dengan batu-batu dan luka-luka menganga. jika kita berhari raya setahun sekali dengan sajadah dan kemeja baru, mereka berhari raya setiap hari untuk merayakan gugurnya pejuang syuhada.

selalu setiap tahun, ada duka di hari raya yang harusnya kita rasakan. semoga bahagia kita ketika bertemu saudara, ketika sungkem dipangkuan orang tua, ketika menikmati lezatnya sayur ketupat, ketika baju-baju kita cerah dan semerbak wangi, semoga semua itu … tidak menghabiskan ruangan dihati kita. sisakan tempat rasa duka kita, tentang derita negeri Palestina, Iraq, Khasmir, Checnya, Afghanistan, Phatani, Moro, Poso .

taqabalallahu minna wa minkum

shiyamana wa shiyaminkum

kullu aamin wa antum bi khair

selamat hari raya Idul Fitri 1425 H

afwan lahir batin, atas segala kekhilafan

bhakti – sriharyanti

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *