\ Hobi Membuat Website, Tapi Tidak Hobi Mengisinya | Bhakti Utama Journal

Hobi Membuat Website, Tapi Tidak Hobi Mengisinya

Hanya catatan pribadi 🙂

Saya punya hobi buat website, tapi kelemahan saya adalah dalam memantain isi content-nya agar selalu uptodate. Kadang saya sudah membayar hosting dan domain, kadang saya biarkan berbulan-bulan, bertahun-tahun tanpa update. Tentu saja ini menurunkan rating, baik dimata pengunjung maupun dimata google #eaaa.

Tapi saya anti untuk membunuh website saya, tidak tega, saya berusaha untuk tetap membayar hosting dan domainnya tiap tahun, entah kenapa. Mungkin agar saya merasa selalu memiliki tempat untuk aktualisasi diri #halah.

Website pertama adalah boemi-islam.net berisi umumnya berita dunia islam dan cerpen, puisi perjuangan. Kehilangan banyak kontributor. Ini website sejak tahun 2000-an alhamdulillah ya masih hidup. Nantinya website ini akan ane tambahkan kliping dari account twitter @sejarahislam yang followernya sudah 5000 lebih, dan lobi-lobi teman biar mau ngisi lagi.

Yang kedua adalah bhaktiutama.com berisi foto-foto hasil hobi saya di bidang fotografi, ini ya .. biasanya kalau gak ada hunting menarik, gak bakal ada update. Kemudian blog pribadi di website ini (blog.bhaktiutama.com) yang isinya kebanyakan tentang puisi, cerita, haiku atau sekedar catatan liar.

Ada lagi rumahmusimsemi.com yang dulu jadi tempat jualan baju, lumayan laris loh dan sudah masuk ranking yang bagus di google, sayang tidak bisa dilanjutkan dan diserahkan ke seorang teman.

Ada juga website muslimgrahaasri.com yang merupakan pusat pelaporan kegiatan FMGA, kebanyakan kontributornya dari pengurus FMGA (Forum Muslim Graha Asri).

Untuk jualan dinar emas dan LM ada cikarangdinar.com … ya biar resmi lah, meski gak laku-laku amat, harapannya ingin tetap konsisten, jadi pas emas khususnya dinar booming nanti dagangan bisa laris hehehe #ngarep.

Yang gratisan juga ada, bhaktiutama.tumblr.com berisi foto-foto iphone yang di upload via instagram.

Dan yang terbaru ane mau tambah lagi haikunesia.com akan berisi khusus kumpulan haiku yang saya buat, dan mungkin orang lain yang buat dalam bahasa indonesia. Yang kemungkinan besar akan crossposting dengan blog.bhaktiutama.com khusus untuk haiku. Ane juga akan nambah apod-id.com yang berisi Astronomy Photo of the Day (APOD) yang merupakan mirror dari website APOD NASA yang terkenal itu, berisi foto astronomy harian yang akan ane terjemahkan dalam bahasa Indonesia.

Dua yang terakhir ane coba pasang ad-sense, kali aja dapat cendol dollar dari google atau amazon. Banyak website, kalau di link saling support bisa maknyus. Btw .. tips nya apa ya biar konsisten update content ?

Bhakti Utama

I currently focus on maintaining some niche sites and personal blogs. I have a passion for writing about SEO, photography, astronomy, gold investment, and virtual reality. Mastering several programming languages, but most enjoy web development. I still have a dream to travel around the world :D

You may also like...

4 Responses

  1. ifoel says:

    barusan web saya http://www.kaosmotorklasik,com kena bobol,,yg kata pengelola hosting ada 60 an termasuk back up, nilah yg kita ndak tahu. all photo, desain raib…..kita juga ada lainnya, yg susah dibuka juga (pd hal, materi kita cukup banyak). yg kaosmotorklasik, khusus jualan saja karena komunitas ini di FB dan event nya sangat JALAN sekale….

  2. Pesutweb says:

    Banyak bener gan webx… kalau sekarang semenjak membuat ini artikel apa ada web baru tambahan lagi? kalau menurut saya agan itu cocoknya jadi desainer webx… hehehe

  3. jiah, kebanyakan gitus ih gan hehe, malas buat kontent nya 🙂

  4. Baju muslim says:

    Pos yang luar biasa , kami percaya ini amat berfaedah untuk mereka
    yang membaca, saya tunggu kiriman selanjutnya , terutama mereka
    yang sedang mencari Gamis Muslim dan mereka yang sedang belajar
    untuk menekuni dunia fashion

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *