Dimana Jehad Rajbi ?

Siapa yang tidak mengenal Jehad Rajib. Bagi pemerhati Palestina dan pecinta cerpen, tentu tahu penulis wanita belia ini. Dia pemudi Palestina yang ketika masih berumur 20thn-an menuliskan kata-kata dalam cerpen yang mampu meraih dunia. Cerpen-cerpennya hidup, lebih hidup dari kehidupan di Palestina yang sekarat.

Kalimat yang dia pilih, seperti dendam yang tumbuh dari pengasingan, menyeruak menerobos batas-batas tempat ia diasingkan. Kata-katnya seperti kesedihan, yang disembunyikan ratusan tahun tanpa sinar matahari, kemudian diledakkan dalam satu hari.

Bagi anda yang cinta Palestina seperti mencintai tanah air kelahiran, belilah bukunya yang berjudul “Peluru Ini Untuk Siapa”, diterjemahkan dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia oleh Ustadz Anis Mata.

jalan raya yang lebar menghirup udara yang panas
kehidupan di al-Quds tampak seperti seorang penari tua,
yang menginjak kerikil-kerikil umurnya
dengan perih !

hari-hari berlalu seperti mimpi-mimpi kita
dan hanya menyisakan potongan baju kita yang kumal
yang lalu lebur dalam rintihan memilukan

betapa sulitnya menjabat tangan tanah tumpah darah kita
tanpa membuat tanganmu yang dingin menjadi terbakar

ia berbisik sedih, sambil melahap kota itu dengan tatapannya

di sinilah tempat kita sesungguhnya
al-Aqsa .. Palestina !

[Jehad Rajbi]

Tapi entah, setiap kali saya searching google mengenai penulis ini, tidak pernah saya temukan kabar terakhirnya. Apakah masih hidup ? apakah dia masih menulis lagi ? Dimana Jehad Rajbi ? Semoga Allah melindunginya.

Bhakti Utama

I currently focus on maintaining some niche sites and personal blog. Have passion in blogging, internet marketing, photography, astronomy, gold investment and virtual reality. Mastering several programming languages, but most enjoy with web development. I have a dream to travel around the world :D

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *