Cara Terbaik Sinkronisasi Catatan Teks Antar Device Dalam Sekedipan Mata

Simplenote

Simplenote

Sering kita mengalami banjir ide tiba-tiba tetapi malas mencatat-nya karena banyaknya device yang kita punya tetapi terputus satu sama lain. Ada laptop kerja, ada PC rumah ada smartphone tetapi tidak bisa saling sinkronisasi catatan ide-nya dsb. Padahal ide itu datang tanpa terencana dan bisa jadi tidak akan datang kembali lagi.

Selain menulis ide, yang paling malas itu tukar informasi antar device. Misalkan dapat nomor telepon dari email di laptop kerja, males banget kan harus ngetik manual di handphone. Atau dapat nomor rekening dari sms di handphone, harus di ketik lagi di komputer karena mau dipakai untuk transaksi internet banking.

Yang disebutkan di atas adalah masalah-masalah sepele yang sering mengganggu produktifitas kita entah itu terkait kerja, bisnis atau pribadi. Saya termasuk yang mengalami masalah-masalah di atas. Dulu cara paling konvensional untuk sinkronisasi catatan atau pertukaran teks biasanya saya gunakan medium email, meski sangat tidak praktis karena harus ketik alamat email diri sendiri, pencet tombol send dan refresh inbox. Jadi inbox email isinya email dari diri saya sendiri hehe.

Kemudian saya cari gimana sih agar solusinya seamless alias mulus gak pakai ribet. Sebelum saya sampaikan cara the-best-nya saya coba paparkan dulu solusi dari dua perusahaan IT terkenal.

Apple Punya Handoff

Apple Handoff, simple tetapi tertutup ekosistemnyaa

Apple Handoff, simple tetapi tertutup ekosistemnyaa

Apple memahami masalah ini dengan baik, sehingga di aplikasi IOS dan Mac OSX terbaru, mereka tanamkan fitur handoff. Dimana kita melakukan aktivitas di satu device kemudian pindah ke device lain langsung dapat meneruskan aktivitas tadi dengan mulus (tanpa pencet tombol satupun). Contohnya ngetik dokumen, dengerin musik atau nonton film.

Bagus sih, tapi kita harus punya device dari Apple semua T_T .. iphone, macbook dan imac. Rasanya solusi ini oke tetapi tidak bisa dilakukan semua orang.

Kita membutuhkan solusi yang bisa digunakan siapa saja dengan device handphone dan komputer yang dimilikinya.

Evernote Agak Mubadzir

Evernote, sangat lengkap dan kompleks

Evernote, sangat lengkap dan kompleks

Layanan evernote sangat populer, banyak orang menggunakannya. Selain bisa sinkronisasi lintas platform device, misal IOS ke Android atau PC ke Mac, Evernote juga mendukung banyak media seperti foto, link, scrap web, project dll.

Masalahnya, saya tidak membutuhkan itu semua. Saya cenderung lebih suka pengolahan berbasis teks. Mau simpen link, ya copy paste aja text-nya. Mau simpen web ya copy paste aja link url-nya. Mau simpan image dari suatu situs, ya copy paste aja link source-nya. Jadi saya butuh text saja. Gak macem-macem.

Jadi evernote bagi saya mubadzir. Selain menurut beberapa review di evernote terlalu banyak tombol, padahal tujuan kita seamless loh, mulus sekedipan mata. Sudah saya coba install berkali-kali di PC di smartphone gak pernah dipakai.

Simplenote Pilihan Terbaik (Bagi Saya)

Akhirnya saya menemukan solusi menggunakan simplenote. Simplenote ini murni sinkronisasi teks antar device. Video diatas adalah demonstrasi bagaimana sinkronisasi terjadi setiap kata yang diketik antara komputer dan ipad secara instan. Solusi ini tidak berlaku untuk media berupa gambar atau video atau dokumen. Beberapa keunggulannya dibandingkan Apple Handoff dan Evernote adalah :

  1. Sesimple Apple dimana kita tidak perlu pencet tombol apapun untuk proses sinkronisasi. Ketik dan dalam sekejap di device lainnya akan terupdate.
  2. Lintas platform seperti evernote sehingga bisa diakses dari mana saja. Untuk smartphone mendukung iOS dan Android. Untuk komputer mendukung Mac OSX maupun Windows. Bahkan cukup dengan browser saja kita bisa menggunakan simplenote.

Tulisan ini sendiri saya buat lintas device, awalnya di browser Chrome, kemudian saya teruskan di Iphone. Caranya cukup mudah :

  1. Daftar atau register ke simplenote.com dengan email dan password tertentu
  2. Install aplikasi di smartphone (untuk itunes disini, untuk android disini) semuanya free
  3. Untuk komputer atau laptop bisa gunakan browser ke http://app.simplenote.com atau install aplikasi native.
  4. Login di masing-masing device dan lakukan testing dengan mengetik

Fitur  di simplenote sendiri sangat simple tapi powerfull, antara lain bisa melakukan :

  • Tagging untuk pengelompokan catatan
  • Melakukan pinning agar catatan tertentu selalu di atas
  • Sharing ke user lain utk berbagi catatan atau catatan besama
  • Publish sebagai link public
  • Instant search dengan keywords
  • Time machine backup setiap versi berubahan
  • Dan bisa juga di download sebagai zip.

Cara penggunaannya gak ada, alias tinggal pakai aja, anda cukup mengetik ide-ide anda atau catatan penting kemudian lupakan. Dalam sekejap sudah sinkron di semua device dan bisa diteruskan jika perlu. Sedikit tips jadikan app.simplenote.com sebagai pinned tab di chrome sehingga akan selalu ada setiap saat dibutuhkan. Semoga bermanfaat.

Bhakti Utama

I currently focus on maintaining some niche sites and personal blog. Have passion in blogging, internet marketing, photography, astronomy, gold investment and virtual reality. Mastering several programming languages, but most enjoy with web development. I have a dream to travel around the world :D

You may also like...

3 Responses

  1. Winne says:

    oh berarti cara kerjanya mirip gdocs gitu ya, bisa diakses dari mana saja asal terhubung

  2. Layanan cloud gini emang tergantung kebutuhan sih ya, kalau cuma butuh text sih menurutku bener mending make simple note aja :3

  3. Makasih infonya .. saya coba dulu ..

    Kunjungi: gurunuman.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *